Bagi yang masuk ke blog ini melalui Search Engin dan tidak menemukan artikel yang di cari pada halaman ini maka dapat mencari pada arsip blog atau mengunakan fasilitas search yang ada di blog ini. terimakasih atas kunjungnnya.
bagi yang ingin bertanya sebaiknya langsng melalui YM apabila lagi online atau inggalkan coment di artikel yang bersangutan.

Promo : Transfer Pulsa Indosat (IM3/Mentari/StarOne) pulsa 100rb Harga 82rb (bisa untuk BB)

bagi yang berminat dapat hubungin YM : ivandriyandra atau sms ke no 085624060651. atau data update dapat liat di halaman ini http://indosat.yandra.web.id/

28 November 2008

PERAWATAN BAYI SEHARI-HARI

Perawatan bayi sehari-hari meliputi perawatan tali pusat, perawatan kulit (memandikan), membersihkan alat kelamin, perawatan gusi dan lidah, dan perawtan mata.

1. Perawatan Tali Pusat
Tali pusat akan lepas dalam waktu 5 sampai 7hari, bahkan ada yng sampai dua minggu. Perawatan talli pusat sangat sederhana. Saat memandikan, gosok tali pusat dengan menggunakan sabun,lalu keringkan dan bersihkan dengan menggunakan alkohol 70% atau tidak menggunakan apapun, apalagi menggunakan antiseptik karena pada antiseptik mengandung yodium. Lalu biarkan dalam keadaan terbuka, tidak usah dibungkus, keculi jika terjadi infeksi. Sebaiknya tali pusat dibersihkan dua kali sehari, yaitu pagi dan sore.

2. Perawatan kulit (memandikan bayi)
Perawatan kulit bayi dan balita bisa dimulai dari kegiatan sehari-hari, yaitu denagn cara memandikan bayi secara teratur. Dalam memandikan bayi, harus diperhatikan suhu air sesuai dengan kulit, keadaan ruangan (usahakan agar rungan selalu hangat), penggunaan sabun bayi (sabun khusus bayi yang lunak), dan shampo untuk membersihkan rambut bayi.
Sebelum memandikan, hal yang pertama harus diperhatikan adlah keadan uangan dan suhu air, air yang digunakan untuk memandikan tidak boleh telalu panas atau dingin, caranya cek kehangatan air dengan menggunakan siku atau punggung tangan. Bersihkan bagian kepala yaitu muka dan kepala. Bersihkan muka bayi denagn menggunakan waslap, kemudian rambut bayi dengan menggunakan shampo, setelah itu bagian tangan, leher, badan, punggung, kaki, dan alat genitalia dengan menggunakan waslap, setelah itu bersihkan dengan menggunakan waslap yang bersih, mandikan bayi dalam bak mandi yang berisi air hangat, lalu keringkan dengan menggunakan handuk.
Sebelum dipasangkan pakaian, beri baby oil dan bedak. Jangan gunakan minyak kayu putih karena bayi bisa merasakan panas dan bisa mengakibatkan iritasi, apalagi pori-pori kulit bayi lebih kecil dibanding pori-pori kulit orang dewasa. Soal pakaian bayi sebaiknya dari bahan yang lembut da dapat menyerap keringat. Memandikan diwajibkan dua kali dalan sehari.
Pemeliharan kulit bisa dilakukan denagan menggunakan bermacam kosmetika bayi yang beredar saat ini. Penggunaan kosmetika berupa sabun, shampo, lotion, ataupun minyak khusus untuk bayi perlu pemilihan secara tepat dan disesuaikan dengan kondisi kulit bayi. Memilih dan menggunakan kosmetika pada bayi secara benar dan tidak berlebihan merupakan langkah utama dalam menjga kesehatan kulit bayi. Oleh karena itu, banyaknya informasi tentang produk kosmetika bayi harus lebih dicermati oleh para orang tua.

3. Membersihkan Alat Kelamin
Membersihkan alat kelamin pada saat mandi bisa menggunakan sabun. Saat mandi,pada bayi laki-laki bagian katupnya ditarik dan dibersihkan dengan menggunakan sabun. Bisa juga membersihkannya sehabis buang air kecil,bayi dipegangi di wastafel, bersihkan bekas pipisnya dengan air mengalir, pakaikan sabun, keringkan dan pakaikan celana pendek.

4. Perawatan Gusi dan Lidah
Bayi usia 0-6 bulan belum memiliki gigi susu. Namun begitu kegiatan membrsihkan gusi dan lidah harus dilakukan begitu selesai menyusui dan sebelum tidur malam. Adapun langkah-langkahnya :
- Sediakan potongan kain kasa atau kain steril yang lembut
- Celupkan atau basahi kain dengan air matang
- Balutkan kain pada jari telunjuk ibu atau ayah
- Bersihkan mulut dan gusi bayi secara perlahan
- Posisikan bayi berbaring agak tegak atau duduk dipangkuan kalau sudah bisa.

5. Perawatan Mata
Cara perawatan mata bayi yaitu :
- Cuci tangan ibu terlebih dahulu sebelum membersihkan kedua mata bayi
- Bersihkan kedua mat abayi dengan menggunakan kapas atau saputangan halus yang bersih dengan dibasahi air hangat.
- Keringkan kedua mata bayi drngan menggunakan kapas kering atau saputangan halus
- Ibu cuci tangan kembali setelah selesai membersihkan kedua mata bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SMS Gratis