Bagi yang masuk ke blog ini melalui Search Engin dan tidak menemukan artikel yang di cari pada halaman ini maka dapat mencari pada arsip blog atau mengunakan fasilitas search yang ada di blog ini. terimakasih atas kunjungnnya.
bagi yang ingin bertanya sebaiknya langsng melalui YM apabila lagi online atau inggalkan coment di artikel yang bersangutan.

Promo : Transfer Pulsa Indosat (IM3/Mentari/StarOne) pulsa 100rb Harga 82rb (bisa untuk BB)

bagi yang berminat dapat hubungin YM : ivandriyandra atau sms ke no 085624060651. atau data update dapat liat di halaman ini http://indosat.yandra.web.id/

18 Desember 2008

Instal Windows XP di Acer Aspire 4315

Bererapa bulan yang lalu saya diminta tolong instalin windows di laptot. Pada saat itu saya sempat menolak sih coz saya sebelumnya belum pernah isntal OS di laptop. Tetapi katena dy memaksa ya jadi mau ga mau saya harus mengikuti keinginan dy itu deh.

Jenis laptopnya utu ACER Aspire 4315 OS bawaannya adalah Linux. Yah orang awam seperti teman saya itu pasti sangat bingung dengan menggunakan OS Linux itu magkanya dy memento saya untuk mengganti OS laptopnya dengan Windows XP.

Seperti biasanya saya install windows di laptop ini seperi pada install windows pada computer desktop. Tetapi pada saat proses pendeteksian hardwere ternyata hardisk tidak terbaca. Mulaideh saya panik, selama saya install computer desktop saya belum pernah mengalami kasus seperti ini. Apabila ada hardisk yang tidak terbaca paling ada kabel power atau kabel datanya yang kurang pas jadi tidak terbaca. Tetapi ini di laptop saya tidak bisa membuka/mengecek hardwarenya, tetapi sewaktu menggunakan Linux hardisk dapat terbaca kok. Jadi saya berkesimpulan klo tidak ada masalah dengan hardisk, mungkin ada beberapa setingan aja yang harus diubah dahulu.

Maka saya langsung aja masuk ke bios dahulu, karena tadi yang tidak kebaca adalaha hardisk maka saya fokuskan pada setingan pada SATA Mode yaitu dengan mengganti setingan AHCI Mode dengan IDE Mode, lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:

Dan ternyata setelah setingan SATA Mode tersebut diubah yang tadinya hardisk tidak tpat terbaca sekarang sudah bisa terbaca dech. N windows XP pun bisa diinstal sampai suksses.

Tetapi yang menjadi masalah sekarang semua driver hadware laptop ini didak di kasih pada saat membeli laptopnya jadi semua fasilitas hadwerenya tidak dapat digunakan. Berdasarkan pengalaman-pengamana saya dahulu apabila ada driver yang saya tidak punya maka saya googling aja asalkan tau nama drivernya. Maka hal yang sama ini jg saya lakukan saya googling dan ternya ta ada beberapa blog yang member link driver-driver untuk laptop ACER Aspire 4315 ini tetapi saya sempat kecewa ternyata driver tersebut tidak cocok dengan hardware pada laptop ini, dan saya mencari situs yang lain yang memberikan link untuk driver-drivernya ternyata saya mendapatkan langsung link ke ACER-nya dan mendapatkan semua divernya dan pada saat di install driver tersebut cocok dengan harwarenya. Pada saat itu betapa sengengnya hatu ku….

Hehehe,,,, maklum untuk pertama kalinya saya istal windos pada laptop

Bagi temen-temen yang mempunyai laptop ACER Aspire 4315 yang ingin mengganti OS nya dengan Windows XP ya boleh saja mengikuti perintah-perintah yang terdapat di atsa dan download driver-drivernya klik di sini.

Semoga bermanfaat..

1 komentar:

  1. "
    Dan ternyata setelah setingan SATA Mode tersebut diubah yang tadinya hardisk tidak tpat terbaca sekarang sudah bisa terbaca dech. N windows XP pun bisa diinstal sampai suksses.

    "

    mas ko lapie saya ga bs di install xp nya ya ???

    padahal settingan BIOS dah di rubah tapi ya itu abis proses copyng file selesai khan xp minta restart nah abis itu ... ya udah nge-blank dah layarnya ..

    gimana nih mas ada solusi ga ??

    mas pakai XP yang versi apa ??

    standart apa black ??

    thanks ..

    BalasHapus

SMS Gratis