Bagi yang masuk ke blog ini melalui Search Engin dan tidak menemukan artikel yang di cari pada halaman ini maka dapat mencari pada arsip blog atau mengunakan fasilitas search yang ada di blog ini. terimakasih atas kunjungnnya.
bagi yang ingin bertanya sebaiknya langsng melalui YM apabila lagi online atau inggalkan coment di artikel yang bersangutan.

Promo : Transfer Pulsa Indosat (IM3/Mentari/StarOne) pulsa 100rb Harga 82rb (bisa untuk BB)

bagi yang berminat dapat hubungin YM : ivandriyandra atau sms ke no 085624060651. atau data update dapat liat di halaman ini http://indosat.yandra.web.id/

03 Desember 2008

KEDUDUKAN DAN PERAN PELAJAR

Kedudukan dan peran pelajar dalam kesehariannya sebagai pelajar dan harus belajar untuk mencari ilmu, tetapi ilmu itu bukan ilmu yang salah ataupun berdampak negatif bagi diri kita. Ilmu yang kita cari dan pelajari adalah ilmu untuk bekal pengetahuan hidup yang berguna dan memiliki beberapa ketentuan yaitu dalam mencari pekerjaan ataupun yang lainnya.

Kedudukan dan peran pelajar tidak hanya itu saja kedudukan dan peran pelajar juga tergolong atas dimana kita berada ataupun tempat kita atau posisi kita pada saat itu.

Kedukan dan peranan pelajar terbagi atas 3 :

1. Di lingkungan Keluarga

2. Di lingkungan Sekolah

3. Di lingkungan Masyarakat

2.1 Di Lingkungan Keluarga

Karena masa remaja bukan masa kanak-kanak lagi, seorang remaja dituntut untuk tidak selalu bergantung pada orang tua. Remaja yang selalu dimanja (tidak diberi kebebasan) kelak kalau sudah dewasa akan mengalami kesulitan dalam menentukan langkah, pilihan, dan tanggung jawab.

Oleh karena itu, sebagian orang tua harus memberikan kebebasan pada anak untuk menentukan langkah yang harus di tempuh supaya anak tersebut dapat mengembangkan rasa tanggung jawab tergadap langkah yang telah diambilnya.

Remaja membutuhkan kasih sayang dan perhatian, terutama dari orang tuanya. Anak yang mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya dia akan merasa aman dan tentram, sedangkan anak yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya dia akan merasa gelisah dan kadang-kadang berbuat aneh untuk mendapatkan perhatian parhatian dari kedua orang tuanya.

2.2 Di Lingkungan Sekolah

Sekolah adalah tempat kita belajar uantuk mencari ilmu. Di sekolah kita didik oleh guru-guru kita. Guru adalah orang tua kita yang kedua yang menggantikan posisi kedu orang tua kita pada saat di sekolah. Kita yang sudah menginjak masa keremajaan yang beranjak ke masa dewas.

Sekolah itu sangat berpengaruh dalam pembentukan sikap dan tingkah laku kita yang besar pengaruhnya dibandingkan dengan lingkungan keluarga. Karena lingkungan sekolah adalah tempat kita bermain dan durasi waktu yang tersisihkan jauh lebih banyak dibandingkan dengan lingkungan sekolah.

Tidak sedikit seorang pelajar pada waktu masih SD dan SLTP ia rajin dan baik. Tetapi setelah ia tumbuh menjadi remaja bukannya bertambah kerajinannya, tetapi mungkin juga menjadi berbuat yang sudah jelas-jelas salah dan salah arah, dan tidak pantas lagi disebut sebagai seorang pelajar.

2.3 Di Lingkungan Masyarakat

Kita sebagai mahkluk sosial jelas bersosialisasi terhadap masyarakat sekitar, artinya kita pasti akan membutuhkan orang lain selain kepada kedua orang tua kita .

Kedudukan dan peran pelajar dalam masyarakat adalah dapat beradaptasi dalam masyarakat tersebut dan dapat bermasyarakat dengan baik. kita tidak boleh mengikuti kegiatan yang tidak baik dalam masyarakat contohnya adalah :

v Merokok

v Minum-minuman keras

v Tawuran antar desa

Yang diatas tersebut adalah perbuatan yang salah dan tidak sepantasnya dilakuakan oleh seorang pelajar, maka dari itu bermsyarakat pun kita harus bisa memilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SMS Gratis