Bagi yang masuk ke blog ini melalui Search Engin dan tidak menemukan artikel yang di cari pada halaman ini maka dapat mencari pada arsip blog atau mengunakan fasilitas search yang ada di blog ini. terimakasih atas kunjungnnya.
bagi yang ingin bertanya sebaiknya langsng melalui YM apabila lagi online atau inggalkan coment di artikel yang bersangutan.

Promo : Transfer Pulsa Indosat (IM3/Mentari/StarOne) pulsa 100rb Harga 82rb (bisa untuk BB)

bagi yang berminat dapat hubungin YM : ivandriyandra atau sms ke no 085624060651. atau data update dapat liat di halaman ini http://indosat.yandra.web.id/

20 Desember 2008

MENYUSUN BERITA

1. Syarat-syarat Berita

Untuk menyusun berita yang akan dimuat di media massa seperti surat kabar, majalah , radio, Televisi, dan sebagainya kita dapat menggunakan prisip 5W+1H. Biasanya unsur 5W terdapat pada bagian berita yang disebut lead. Unsur 1H lebih merupakan penjelasan bagaimana kejadian atau peristiwa terjadi atau menjelaskan secara lebih rinci apa yang sudah dinyatakan dalam bagian lead. Oleh karena itu, sebuah berita harus mencakup hal-hal sebagai berikut:

What : Apa yang diberikan, apa yang menjadi pokok pemberitaan

Why : Mengapa hal itu terjadi

Who : Siapa yang terlibat dalam peristiwa atau kejadian tersebut

Where : Dimana kejadian atau peristiwa tersebut terjadi

When : Kapan kejadian itu atau peristiwa itu terjadi

How : Bagaimana proses terjadinya peristiwa tersebut.

Hal-hal tersebut telah menjadi patokan dalam menyusun naskah berita, sehingga dapat dihasilkan berita yang sangat baik dan menarik sesuai dengan fakta yang ada di masyarakat. Dan dengan mengikuti syarat-syarat tersebut dapat menghindari dari kesalahan-kesalahan dalam pembuatan naskah berita untuk media massa.

2. Jenis Berita

Dalam media massa terdapat berbagai macam berita. Berita yang akan dibuat harus sesuai dengan jenis berita yang bibuat. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi berita yang tidak jelas tujuan dan arah dari berita tersebut.

Jenis-jenis berita sebagai berikut:

* Berita acara

* Berita burung

* Berita keluarga

* Berita kematian

* Berita kriminal

* Berita lutut

* Berita negara

* Berita peringatan

* Berita polisi

Berita singkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SMS Gratis